Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Asli dan Fungsi Turunan Uang

Uang dalam ilmu ekonomi didlihefenisikan sebagai setiap alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar itu dapat berupa benda apapun yang diterima oleh setiap orang dimasyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa.

Secara umum uang memiliki fungsi  sebagai perantara untuk pertukaran, juga untuk menghindarkan perdagangan dengan cara barter. Secara rinci fungsi uang dibedakan atas fungsi asli dan fungsi turunan.

fungsi asli dan fungsi turunan uang

Fungsi Asli

Fungsi asli uang meliputi tiga hal, yaitu sebagai alat tukar, sebagai satuan hitung, dan sebagai penyimpan nilai.

1. Sebagai Alat Tukar
Uang berfungsi sebagai alat tukar yang dapat mempermudah pertukaran. Orang yang akan melakukan pertukaran tidak perlu menukar dengan barang, tetapi cukup menggunakan uang sebagai alat tukar.

2. Sebagai Satuan Hitung
Uang dapat digunakan untuk menunjukkan nilai barang/jasa yang diperjual belikan, menunjukkan besarnya kekayaan, dan menghitung besar kecilnya pinjaman. Uang juga dapat dipakai untuk menentukan harga barang/jasa. Sebagai alat satuan hitung, uang memperlancar pertukaran.

3. Alat Penyimpan Nilai
Uang sebagai alat penyimpan nilai karena dapat mengalihkan daya beli masyarakat dari masa sekarang ke masa yang akan datang. Uang juga dapat disimpan sebagai tabungan yang berfungsi untuk aset yang akan dipergunakan di masa mendatang.

Fungsi Turunan

Uang memiliki fungsi lain yang disebut fungsi turunan. Fungsi tersebut antara lain sebagai berikut:

1. Uang Sebagai Alat Pembayaran yang Sah
Uang dapat diterima dimana saja, kapan saja. Dengan menggunakan uang seseorang dapat membayar berbagai keperluan seperti membeli bahan kebutuhan pokok, peralatan rumah tangga, transportasi dan lain sebagainya.

2. Uang Sebagai Alat Pembayaran Utang
Utang yang berupa pinjaman uang biasanya dibayar juga menggunakan uang. Seperti perusahaan yang meminjam uang 1 Miliar pada Bank, perusahaan tersebut harus juga mengembalikan pinjaman itu dalam bentuk uang.

3. Uang Sebagai Alat Penimbun Kekayaan
Uang jika ditabung semakin lama akan semakin bertambah. Hal tersebut akan membuat jumlah tabungan uang akan semakin tinggi. Dengan semakin banyaknya nilai tabungan, maka kekayaan juga akan semakin meningkat.

4. Uang Sebagai Alat Pemindah Kekayaan
Orang yang memiliki harta berupa rumah, tanah, bangunan pabrik dan lainya yang sulit dipindahkan, dapat dengan mudah dibawa ke tempat lain jika harta tersebut ditukar dengan sejumlah uang. Hal ini membuat uang dapat berfungsi sebagai alat pemindah kekayaan.

5. Uang Sebagai Alat Pendorong Kegiatan Ekonomi
Perputaran uang yang tinggi biasanya akan menghasilkan kegiatan ekonomi yang bergairah. Hal ini tentu saja mendorong pertumbuhan kegiatan ekonomi suatu negara.


Posting Komentar untuk "Fungsi Asli dan Fungsi Turunan Uang"