Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Seting Kertas Menjadi Dua Bagian

Jika pernah mencoba membuat sebuah buku kecil dengan ukuran kertas HVS legal di bagi dua, maka kesulitan utamanya adalah bagaimana cara menseting kertasnya agar dapat diprint tepat sesuai keinginan kita. Alhasil bagi yang belum mengetahui cara setiing kertasnya akan menggunakan cara manual, bisa dengan merubah ukuran margin, maupun membuat dua column pada satu halaman kertas. Memang berbagai cara tersebut sah-sah saja dilakukan, namun seringnya menjadi ribet sendiri.

Sebetulnya ada cara yang paling sederhana untuk merubah cara setting kertas yang sedemikian, cara tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Bukalah MS. Word, kemudian rubahlah ukuran kertas sesuai keinginan kamu lalu rubah orientasi kertas menjadi Landscape. (lihat gambar berikut)
  2. Setelah orientasi kertas dirubah menjadi landscape seperti terlihat diatas maka pada menu page rubahlah menjadi 2 pages per sheet. (seperti dibawah ini).
  3. Dan selesailah pengaturan kertasnya, kamu tinggal mengeprint saja.
Namun perlu diperhatikan ketika menggunakan kertas Legal (F4), karena pengaturan bawaan dari komputer itu tidak sama dengan ukuran kertas aslinya, maka sebelum langkah diatas, rubahlah paper size Legal kamu pada Height 14'' (inch) menjadi 12.9" (inch), atau 33 cm (jika satuan ukurannya cm). Setelah selesai di atur maka ikuti lagi langkah-langkah diatas. Demikianlah cara seting kertas menjadi dua bagian.

Ternyata sederhana bukan?. Semoga berhasil ya.

2 komentar untuk "Cara Seting Kertas Menjadi Dua Bagian"